Memilih Game Yang Cocok Untuk Komputer Anda - Agiel Triono

Memilih Game Yang Cocok Untuk Komputer Anda

Baca Juga

Jika kita berbicara soal memilih game pasti akan berfikir dua kali untuk langsung menginstal dikarenakan ragu serta takut akan lag ?? Namun yang kita bahas di sini adalah masalah di saat kita yang ingin sekali memainkan game kesayangan atau game favorit anda yang sudah lama di tunggu atau sudah pernah di mainkan sebelumnya dengan spek rendah , sedang atau tinggi.

Di masa sekarang sudah banyak sekali tersebar luas game-game yang sangat menarik, hal itu yang hingga sekarang menjadi masalah bagi para gamers ingin bermain game masa kini namun dengan spek komputer yang pas. Mengingat komponen komputer saat ini memiliki harga yang berkisar sangat mahal mungkin di luar dari biaya pengeluaran anda.


Nah di sini saya hanya ingin membantu sobat yang saya pikir ketika saat saya berjalan-jalan menelusuri beberapa forum di internet bahwa dapat saya hitung menjadi persen sekitar 60% orang membicarakan game ini cocok kah dengan spesifikasi komputer dengan detail yang berbeda-beda, berbeda dengan spesifikasi minimum dari game developer tersebut.

Apa itu Minimum System Requirement ?


Spesifikasi minimum (Minimum System Requirement) menyatakan anda harus berada diatas dari rincian spesifikasi yang sudah di tentukan itu artinya apabila anda menginstal game yang ingin anda mainkan akan tetapi anda memaksakan game tersebut untuk berjalan di komputer namun sayang nya salah satu komponen komputer anda tidak sesuai dengan apa yang ada dalam Spesifikasi minimum tersebut.

Apa itu Recommended System Requirements ?


Recommended System Requirements / Spesifikasi Maksimal atau Spesifikasi yang Direkomendasikan dimana producer / developer sudah menentukan sistem bagi komputer anda jika memang sesuai dengan rincian yang satu ini. Ini menunjukan bahwa ketika anda bermain anda tidak akan menemukan atau mengalami yang namanya stuter (Tidak Lancar/Tersendat).

Kita sebagai gamers atau pecinta permainan elektronik harus memiliki pengetahuan yang jelas akan cara kerja program yang jalan pada komputer kita termasuk di semua OP (Operating System). Operating System berkerja untuk menampilkan sebuah program yang tergantung dengan keserasian BIT(binary integrer) terdiri dari 32bit/64bit untuk menentukan mana bit yang sesuai ini tergantung kesesuaian antara System dengan komponen utama dari komputer anda yaitu Processor / lihat pada bagian spesifikasi pada website dari Processor anda. Pada konteks nya OP hanya bekerja setelah BIOS disaat komputer dioperasikan.

KOMPUTER <-> BIOS <-> SISTEM (OP) <-> PROGRAM

seperti itu urutan dasar nya , nah jika di buat circle atau lingkaran seperti diagram (maaf gak ada gambar ngirit data :D) program akan meminta beberapa intruksi kepada sistem , nah sistem akan menerima intruksi tersebut dan akan langsung mengirim intruksi tersebut apakah sesuai atau tidak dengan intruksi yang di berikan ke beberapa komponen inti komputer meliputi driver/usb/sensor/processor/disk/ram/vga-gpu/ .

Intruksi tersebut yang familiar dengan saya adalah seperti multitasking/multithreading/multiprocessing/multiprogramming/ dimana ini disuplai oleh system kepada processor dan lain nya.
Ini biasanya apabila salah satu intruksi tersebut lambat atau tidak demikian maka akan berpengaruh dengan program yang anda gunakan , dampaknya bervariasi seperti /lelet/hang/error/bluescreen/ itu sudah tugas bagi sistem untuk memberitahu anda bahwa ada masalah dengan kecocokan data, nah jika ngomong soal data sudah pasti sensitif ,maksud sensitif apabila broken/rusak sistem akan melakukan tindakan seperti itu.

Multi Tasking

multitasking adalah jika anda menggunakan beberapa program lebih dari 2 atau 3 pada saat bersamaan pada kenyataan nya saya membuka Browser dan sebelumnya saya sudah membuka Photo editor serta menonton video pada Pemutar Video pada saat bersamaan saya juga membuka program Antivirus pada latar belakang (Background Process).

Multi Threading

multithreading adalah terjadi dan ada pada setiap program dan seluruh program menggunakan ini pada background process atau front process , yang bekerja secara bertahap dalam sebuah lingkup waktu yang sudah di tentukan singkat nya kaya scheduling yang akan memberikan perintah kepada sistem yang nanti nya akan di eksekusi oleh sistem tergantung kapasitas cache (Levels) pada CPU.Multi Threading menggunakan chache Level(L1,L2,L3,etc) terbawah untuk mengeksekusi jadwal(schedule).

Multi Processing


multiprocessing adalah dimana sebuah program membutuhkan lebih dari 1 CORE yang dimanda pada setiap CORE memiliki beberapa Level, intruksi ini akan meminta kepada sistem untuk menggunakan satu atau dua di antara beberapa coresponding (CORE) pada CPU(central processing unit) komputer anda misal dual core/six core/eight core/dll. Nah pada setiap core itu ada Level yang dimana memiliki fungsi dan kontrol penuh yang digunakan program, jika program tidak menemukan core yang cukup maka sistem mencoba untuk menimpa setiap intruksi yang sama pada Level yang sama. Terhitung jika anda menggunakan program yang membutuhkan 4 core dimana pada setiap core ada lebih dari 2 Level.

Multi Programming

multiprogramming adalah pada sebuah Program memiliki sebuah Lapisan atau layer yang dimana jika satu program memiliki 5 lapisan kode yang terdiri dari bagian depan GUI,command line,dll,saya ambil contoh yang simpel saja anda membungkus 5 file dengan menggunakan unrar nah pada setiap file memiliki kode javascript nah demikian pada sebuah program memiliki bagian dan lapisan termasuk pada program latar belakang dan program GUI (Graphical User Interface) GUI hanya sebagai Lapisan terluar dari Lapisan terbawah ,Misal pada javascript saya klik Tombol oke namun kenyataan nya pada kode javascript di bawah ini menunjukan ketika saya klik maka akan muncul sebuah perintah yang di eksekusi oleh browser umpamakan browser adalah sistem dan tombol adalah GUI dan javascript adalah kode program, jadi intin nya tidak perlu repot menggunakan command line dengan mengetik terlebih dahulu.

$('#oke').click(function(){console.log('Di Klik')})


Jika penasaran silahkan cari dan unduh CPU-Z lalu lihat pada bagian intruksi pada CPU-Z cari informasi mengenai beberapa intruksi yang tersedia pada CPU anda tersebut, simpel nya kunjungu saja website dari processor anda lihat pada bagian intruksi/intruction.

Cukup jelas ya jadi Games sekarang sudah meliputi keseluruhan dari intruksi tersebut, jadi apabila anda memiliki komputer tradisional di bawah tahun sebelum berkembang nya CPU dual core maka di pastikan sulit memainkan game sekarang.

Namun jika anda sudah memiliki CPU minimal 2 core dengan 4 Gigabyte ram dan minimal HDD 300 Gigabyte untuk menyimpan game besar maka anda sudah dapat menikmati beberapa game berat tidak semua game namun beberapa dapat dimainkan dengan mulus tentu untuk memainkan game ukuran besar maka jangkauan perintah sistem butuh diperbesar dengan menggunakan 64bit operating system.

Berikut Game yang saya rekomendasikan untuk anda mainkan mulai dari 2 core sampai i7 khusus 64bit OP.
Games CPU RAM
Rise Of The Tomb Raider. Intel Core i3-2100 6GB
Pro Evolution Soccer 2016 Intel Core 2 Duo @ 1.8 GHz 2GB
Formula 1 2013 Intel Core 2 Duo E6600 2.4GHz 2GB
FIFA 14 Intel Core 2 Duo E6600 2.4GHz 2GB
Devil May Cry 5 pre-release 2019 Intel Core i7-4770 3.4GHz 8GB
Devil May Cry 1 - 5 Unreal Engine Intel Core 2 Duo 2.4GHz 2GB
Simcity Intel Core 2 Duo 2.4GHz 2GB
The Sims - The Sims 4 Intel Core 2 Duo 2.80GHz 4GB

Table diatas tidak menentukan kekakuratan yang pasti silahkan sobat cari referensi yang sesuai.

Nah demikian postingan untuk postingan hari ini , mudah-mudahan konten yang saya bagikan pada hari ini dapat bermanfaat bagi anda paling tidak menjadi wawasan bagi anda yang masih bertanya soal spesifikasi komputer dan games. Terima kasih

  • Untuk memasukan gambar silakan upload gambar pada komentar disqus.
  • Untuk memasukan link silahkan cantumkan link pada komentar tanpa menggunakan tag <a>.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong>...</strong> atau <b>...</b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em>...</em> atau <i>...</i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u>...</u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike>...</strike>.
  • Untuk menulis kutipan pendek gunakan <q>...</q>.
  • Untuk menulis kutipan panjang gunakan <blockqoute>...</blockqoute>.
  • Untuk menyembunyikan konten panjang gunakan <spoiler>...</spoiler>.
  • Untuk menulis syntax highlighter silahkan gunakan <pre><code>...</code></pre>, dan silahkan parse kode pada tab TOOLS.