Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Menarik Pada Blog - Agiel Triono

Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Menarik Pada Blog

Baca Juga

Dalam dunia blogging kadang membuat sebuah artikel sedikit menyulitkan bagi para penulis blog, contoh nya saja apabila anda memiliki niche blog yang menargetkan beberapa artikel yang mengusung topik yang sesuai dengan visi/misi misalkan saja tentang TUTORIAL maka pada semua artikel harus berkatian dengan artikel lain nya namun lain hal nya dengan blog Magazine (Gado-gado / Campuran) yang mengusung berbagai topik.

biasa nya pada blog Magazine tidak terlalu berfokus pada salah satu artikel saja namun lebih mementingkan jumlah atau perbedaan pada setiap artikel tergantung dari kemampuan penulis tersebut ketika dalam membentuk sebuah artikel.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui nih bagaimana kita menulis artikel yang relevan namun juga menarik bagi pengguna internet. Yang saya sukai ketika membuat artikel adalah tetap konsisten pada artikel yang ingin di bahas dan tidak berbelit, namun anda harus tahu apa yang di tulis anda juga harus bertanggung jawab dengan apa yang di tulis.

Ketika artikel di publikasikan otomatis mesin perayap membuat sebuah data penting sebagai berikut :
1.Keyword (kata kunci)
2.Judul artikel (Pada Mesin Pencari)
3.Deskripsi (deskripsi artikel yang tampil di mesin pencari)
4.link ke artikel lain nya (Backlinks)

Nah poin penting tersebut yang akan saya bahas ketika anda ingin membuat artikel yang menarik. Bahkan walaupun artikel tersebut sangat sederhana namun memiliki nilai tinggi. Karena perlu di ingat bahwa website meliputi artikel yang di tulis ketika tulisan tersebut memiliki nilai bagi pengunjung begitu juga dengan Mesin Perayap (*BOT).

Judul Artikel


Hal pertama yang harus anda ketahui yaitu keyword dimana digunakan untuk setiap judul artikel yang anda tulis dapat juga digunakan sebagai kata kunci yang di sisipkan di bagian postingan sobat nanti. Ini bermaksud untuk menampah populasi jumlah keyword yang tampil untuk blog sobat jadi mesin pencari akan mencoba untuk merekomendasikan situs sobat di saat seseorang mencari artikel pada mesin pencari.
cara nya adalah ketik sebuah artikel yang ingin anda tulis misalkan sobat ingin menulis artikel tentang "Apa yang di maksud dengan Cinderamata ?" sebelum mencantumkan judul tersebut anda tulis dahulu pada mesin pencari Contoh : Google Search ketik judul tersebut pada search bar nanti akan keluar sebuah keyword lihat berapa yang keluar , apabila banyak maka judul artikel ini baik untuk di cantumkan pada judul artikel sobat.

Deskripsi


Deskripsi kan artikel sobat biasa nya terletak pada bagian atas badan postingan tulis dengan sependek mungkin minimal 150 kata dan usahakan to the poin pada topik yang ingin di bahas berdampak negatif apabila deskripsi mengandung terlalu banyak kata namun tidak relevan pada topik yang di bahas terutama bagi Google Search sangat tidak merekomendasikan mengundakan deskripsi artikel terlalu berbelit, jadi usahakan hindari menulis deskripi panjang namun tidak berkaitan dengan artikel.

Keyword


Pada penulisan phrase atau kata kunci disini harus sangat hati-hati bagi Mesin Perayap seperti : googlebot,bingbot ,dll sangat tidak suka dengan artikel blog yang menggunakan keyword dengan menggunakan judul atau artikel orang lain yang tidak berkaitan dengan artikel yang ditulis maka akan berdampak pada rangking blog sobat ketika.
Hal penting yang tidak boleh dilakukan ketika menulis kata kunci :
  • Menulis artikel dengan mencantumkan beberapa judul blog orang lain pada badan artikel
  • Menulis artikel dengan memasukan judul artikel orang lain
  • Menyalin sangat dilarang

Poin Penting

Efek pada pemakaian Keyword yang salah diatas adalah Mesin Pencari menilai artikel tersebut sebagai spam sesuai dengan poin ketiga ketika anda menyalin tidak boleh menyalin seluruh artikel melainkan hanya bagian kecil dari paragraf atau setengah dari bagian keterangan nya saja dan pastikan anda mencantumkan link utama dari website tersebut juga sertakan link ke artikel tersebut, secara otomatis Mesin perayap akan memahami dan mencoba merekomendasikan blog sobat.

Bagi saya sirkulasi backlink akan membuat Mesin Perayap mencoba merekomendasikan blog yang mereferensikan link ke artikel atau blog lain, sebalik nya pada link tersebut akan dirayapi oleh Mesin Perayap nah link blog ini yang akan terlihat siapa yang sudah mereferensikan ketika di analistik yang akan mendapat view.

Backlink

Seperti hal nya keyword hanya saja pada backlink menggunakan sebuah link yang di tempatkan pada badan postingan , Metode SEO satu ini sangat saya suka karena ketika pada sebuah artikel mengandung link berdampak pada mesin perayap yang nantinya akan merekomendasikan blog sobat namun tentu nya link harus TANPA TAMBAHAN NOFOLLOW apabila NOFOLLOW tidak berefek.
Berkaitan dengan Keyword pada poin ke 3 serta Poin Penting pada kalimat Mesin perayapan mencoba merekomendasikan saya beranggapan bahwa itu adalah benar ketika anda mencoba menyalin tanpa menyertakan sumber maka akan berdampak negatif terhadap blog sobat , namun sebalik nya akan meningkatkan rangking ketika anda mengutip dengan menyertakan link artikel tersebut beserta link ke website tersebut, tapi ingat bukan MENYALIN SECARA KESELURUHAN.

Kesimpulan nya adalah dalam membuat artikel harus terorganisir sesuai pada tempat yang sesuai dengan bagian-bagian nya.

Berikut urutan badan artikel yang baik bagi saya pribadi :

  • JUDUL ARTIKEL
    • Thumbnail (dengan atribut alt="")
    • Deskripsi Pendek
    • Konten (Topik yang di bahas)
  • Link sumber (Opsional)

Thumbnail dapat diletakan di bawah atau di atas Deskripsi Pendek bagi saya penempatan di atas Deskripsi Pendek sangat baik.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan untuk hari ini. Mohon maaf apabila ada salah kata pada penulisan silahkan gunakan sistem komentar untuk bertanya.

  • Untuk memasukan gambar silakan upload gambar pada komentar disqus.
  • Untuk memasukan link silahkan cantumkan link pada komentar tanpa menggunakan tag <a>.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong>...</strong> atau <b>...</b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em>...</em> atau <i>...</i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u>...</u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike>...</strike>.
  • Untuk menulis kutipan pendek gunakan <q>...</q>.
  • Untuk menulis kutipan panjang gunakan <blockqoute>...</blockqoute>.
  • Untuk menyembunyikan konten panjang gunakan <spoiler>...</spoiler>.
  • Untuk menulis syntax highlighter silahkan gunakan <pre><code>...</code></pre>, dan silahkan parse kode pada tab TOOLS.